widget
Diberdayakan oleh Blogger.

review manajemen proyek

Pengertian manajemen
Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana individu-individu sebagai bagian dari organisasi yang dilibatkan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menjalankan dan mengendalikan aktifitas-aktifitas, yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu.

Pengertian Proyek
                Proyek merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan untuk mencapai sasaran yang dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan tenaga manusia dan alat-alat yang terbatas dan begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerjasama yang berbeda dari yang biasanya digunakan.

Pengertian Manajemen Proyek
Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang telah ditetapkan. Suatu pekerjaan rutin biasanya berlangsung secara kontinu, berulang-ulang dan berorientasi ke proses.

Hal-hal yang perlu dilakukan seorang manajer proyek
  • ·         Manajer proyek harus mendefinisikan proyek
  • ·         Manajer proyek harus menetapkan tujuan akhir dari proyek
  • ·         Manajer proyek harus menginformasikan tentang perkembangan proyek
  • ·         Manajer proyek harus mengenali resiko yang mungkin terjadi
  • ·         Manajer proyek harus beradaptasi terhadap perubahan-perubahan,


Hambatan-hambatan yang mungkin terjadi
u  komunikasi  yang  tidak baik (Poor communication)
u  persetujuan yang tidak jelas (Disagreement)
u  kesalahpahaman (Misunderstandings).
u  suasana yang tidak mendukung (Bad weather)
u  pemogokan kerja (Union strikes)
u  konflik pribadi (Personality conflicts)
u  manajemen yang tidak baik (Poor management)
u  definisi sasaran dan tujuan tidak jelas (Poorly defined goals and objectives)

Manfaat manajemen proyek
u  Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab
u  Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin
u  Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
u  Mengidentifikasi metode analisa peramalan
u  Mengukur prestasi terhadap rencana
u  Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
u  Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana
u  Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui

Konsep Manajemen Proyek
                Manajemen proyek sistem informasi ditekankan pada tiga faktor, yaitu :
u  manusia,
u   masalah dan
u   proses.

Kebijakan dan Perencanaan Proyek Sistem Informasi
                Sistem Informasi memiliki pengertian suatu sistem yang memiliki fungsi menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan pihak user. Komponen yang termasuk sistem informasi meliputi infrastruktur hardware, Software dan ketersediaan sumber daya manusia bidang teknologi informasi. Proyek sistem informasi mencakup sebagian atau keseluruhan dari rangkaian aktivitas rekayasa pembangunan sistem informasi.

Kebijakan Sistem
               
                Kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi dilakukan oleh manajemen puncak karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada yang tidak dapat diraih oleh sistem yang lama atau sistem lama mempunyai kelemahan (masalah) perencanaan sistem menyangkut estimasi (penafsiran, perkiraan, pendapat atau penilaian) sumberdaya (kebutuhan-kebutuhan fisik dan tenaga kerja) dan biaya. Perencanaan sistem terdiri dari : perencanaan jangka pendek (periode 1–2 tahun) dan jangka panjang (periode sampai 5 tahun).

Proses Perencanaan Sistem
Proses perencanaan sistem dapat dikelompokkan dalam tiga proses utama, yaitu :
  1. Merencanakan proyek-proyek sistem
  2. Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan
  3. Mendefinisikan proyek-proyek sistem yang dikembangkan
Proses pengembangan sistem informasi dikembangkan oleh pelaku-pelaku yang dapat dikatagorikan dalam 5 kelompok :
  • ·         Manajer senior
  • ·         Manajer proyek (teknik)
  • ·         Praktisi
  • ·         Pelanggan
  • ·         Pengguna akhir


Tahap Implementasi
Tahap Implementasi merupakan tahap yang paling kritis karena untuk pertama kalinya sistem informasi akan dipergunakan di dalam perusahaan. Biasanya, pendekatan yang dipergunakan oleh perusahaan adalah:
  1. pendekatan cut off dan
  2. paralel.
Tahap Pascaimplementasi
Dari segi manajemen, tahap pascaimplementasi adalah berupa suatu aktivitas, harus ada personel atau divisi dalam perusahaan yang dapat melakukan perubahan atau modifikasi terhadap sistem informasi sejalan dengan perubahan kebutuhan bisnis yang teramat dinamis. Dengan kata lain, dalam era kompetisi sekarang, perusahaan harus mampu berubah dengan sangat cepat.

Tahap Requirement
Pada tahap ini, kegiatan yamg paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan interaksi dengan user.

Tahap Design
Pada tahap ini, merupakan tahap yang dilakukan oleh developer.

Tahap Testing
                Pada tahap ini, merupakan tahap pengujian software yang dilakukan antara developer dan user, dan diakhiri dengan pemeliharaan software.

Untuk mengatasi beberapa Permasalahan dalam proses pembuatan software, Ada beberapa solusi yang dapat diambil, antara lain :
u  Membuat dokumen kontrak antara developer dan user sebelum proses pembuatan software.
u  Perlu adanya assessment pada saat survey data, wawancara, ataupun analisa data. Assessment ini ditandangani kedua belah pihak, user dan developer.
u  Menggunakan requirement tool untuk proses requirement sehingga dapat dihasilkan requirement yang sesuai dengan kebutuhan user.
u  Menentukan Proces Model yang akan digunakan pada awal proses pembuatan software, dapat menggunakan waterfall model, RAD model, spiral model, atau model lainnya.
u  Membuat project management pada proses pembuatan software dengan dikoordinasi seorang penanggung jawab.
u  Menentukan software programming untuk semua modul yang akan dibuat, termasuk tabel, relasi, dan struktur data.
u  Membuat dokumen Berita Acara Pengujian Software sehingga dapat dinilai tingkat kepuasaan user terhadap software yang telah dibuat.
u  Developer melakukan evaluasi total setiap selesai pembuatan software sebelum pengujian.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

nanseesackmann mengatakan...

MGM Grand Hotel and Casino - Kansas City - KTAR
MGM 속초 출장안마 Grand Hotel and Casino is located in Kansas City and is located near 성남 출장샵 The Casino. 광명 출장마사지 The casino was 제주 출장샵 opened on August 2, 1970 삼척 출장마사지 and was open

Posting Komentar